Rabu, 12 Juni 2013

JARINGAN KOMPUTER THIN CLIENT



TEKNOLOGI  THIN CLIENT 

Pendahuluan

Komputer telah menjadi kebutuhan utama untuk  membantu mempercepat  proses pengolahan data, pembuatan laporan, dan perancangan. Kompuetr juga digunakan untuk pengolahan suara dan gambar. Sebagai sarana hiburan, komputer juga digunakan untuk bermain game, mendengarkan musik dan video yang sejalan dengan perkembangan teknologi multimedia.


Jika pengguna komputer dapat menggunakan internet, komputer akan terhubung dengan ribuan komputer lainnya diseluruh dunia yang dapat digunakan untuk mencari informasi, mempeluas jaringan pemasaran, komunikasi dengan sesama pemakai internet, bahkan untuk melakukan jual beli (E-commerce). 

Jaringan Komputer


Dengan bertambahnya aktivitas pekerjaan, maka komputer menjadi perangkat utama untuk operasional perusahaan, menjalankan aplikasi, mengurangi penggunaan kertas (paperless). Prosedur kerja diperbaharui, komputer dipasang saling terhubung dengan menggunakan jaringan komputer lokal (LAN).
Penggunaan LAN yang efektif akan meningkatkan produktifitas berlipat ganda, yang diperoleh dari singkatnya waktu produksi, peningkatan kualitas, layanan purna jual dan peningkatan kemampuan menjawab tantangan baru. 

Permasalahan LAN

Tidak gampang menggunakan LAN dengan efektif, LAN akan memberikan produktiftas terbaik, jika secara terus menerus dapat melayani pemakainya. Pertama kali, pemilihan dilakukan berdasarkan spesifikasi komputer, aplikasi software dan infrastruktur. Kemudian ditambahkan dengan biaya pemeliharaan dan upgrade baik komputer dan aplikasi. Faktor administrasi  dan manajemen merupakan kunci utama, yaitu : dukungan teknis, keamanan pemakai dan data, juga pemeliharaan otomatis, seperti backup data.



Thin Client Server Computing Sebagai Solusi


Thin Client Network merupakan suatu metode organisasi sumber daya personal computer dalam suatu jaringan dengan memanfaatkan system pemroses yang terintegrasi secara terpadu pada suatu server. Jadi, personal computer yang dimiliki pengguna/client cukup membutuhkan modul interface dan perangkat I/O (monitor, keyboard, mouse, dan perangkat peripheral lain) yang terkoneksi ke server.

 

Menurut Joel Canter, jaringan Thin Client adalah suatu lingkungan jaringan, yang mana Client berfungsi  sebagai terminal yang mengakses data dan aplikasi dari computer Server. Secara terpusat pengolahan data dilakukan oleh Server. Sedangkan Client hanya memproses input dari Keyboard, Mouse, dan keluaran berupa tampilan atau gambar (display), hal ini karena proses seutuhnya dilakukan oleh Server. Server utama menyediakan aplikasi dan sumber daya lainnya untuk sejumlah besar Terminal. Terminal (Client) hanya cukup mengoperasikan Mouse, Keyboard dan Monitor, Client dapat menjalankan berbagai aplikasi yang terinstall pada Server.  


 

Thin Client Server Computing (TCSC) merupakan suatu konsep jaringan komputer yang menekankan proses komputasi pada sisi Client yang berkinerja seminimal mungkin. Dalam konsep TCSC, terdiri dari Server dan Client, sisi Client disebut juga dengan Thin Client karena dapat menjalankan banyak  aplikasi yang terinstal pada Server dengan spesifikasi dibawah standar (sisi Client), seperti menjalankan MS Office XP dengan prosesor 486. Pada generasi pertama jaringan komputer, konsep Thin Client Server Computing (TCSC) juga sudah digunakan dan lebih dikenal dengan istilah dumb terminal, yaitu Client hanya digunakan untuk memberi input dan melihat hasil dari Server lewat tampilan. 

Salah satu kelebihan dari konsep Thin Client Server Computing adalah kompetibilitas. Sistem yang sudah ada, seperti Client-Server, bisa  diterapkan bersamaan dalam satu jaringan dengan Thin Client Server Computing. Karena dalam  penerapannya Thin Client Server Computing tidak merubah secara keseluruhan sistem maupun infrastruktur yang sudah ada.

Software yang ada untuk Thin Client

Software BeTwin adalah salah satu software yang memungkinkan dua sampai lima user untuk berbagi kemampuan komputerisasi dan sumber daya dari satu buah komputer. Semua user dapat secara serentak melakukan segala pekerjaan yang diinginkan untuk dijalankan pada Windows yang digunakan. Software BeTwin dapat didownload pada website, merupakan software demo yang masa percobaannya selama 15 hari yang kemudian harus melakukan registrasi otomatis yang terkoneksi melalui internet. 


Cara Kerja Thin Client Network 

Thin Client bekerja dengan cara yang berbeda dengan personal computer umumnya. Pada thin client, setiap pengguna langsung menggunakan divais Input-Output Personalnya, sedangkan pemrosesan dan eksekusi terhadap program yang hendak dijalankan dilakukan oleh sumber daya pada server.
Pertama, personal computer si pengguna akan membangun koneksi dengan PC Server. Secara teknis, Aktivitas ini dilakukan oleh modul I/O interface pada computer pengguna, dimana pada modulnya telah ada program kecil yang berguna untuk booting koneksi, mengirimkan permintaan ke PC Server. Lalu, permintaan diterima computer server melalui program penerima hubungan untuk dihubungka ke system virtualisasi yang telah dialokasikan untuk pengguna. Kemudian, pengguna dapat menggunakan aplikasi yang tersedia pada desktop virtual pengguna. Instruksi dan data yang diproses selama program dijalankan, semuanya dilakukan oleh system pemroses pada Server.



                   Gambar salah satu jenis perangkat I/O yang dipasang pada monitor Client
 
 
Keuntungan Penggunaan Thin Client 

o  Minim Biaya Perawatan, karena yang membutuhkan perawatan hanya PC Servernya saja.
o  Harga Lebih Murah, jika dibandingkan dengan harga sebuah PC biasa.
o  Hemat Listrik, karena hanya membutuhkan daya 5 watt / PC Client.
o  Biaya Up-Grade lebih murah, karena yang di Up-Grade cukup PC Servernya saja.
o  Tidak Berisik, karena tidak terdapat fan / bagian yang bergerak lainnya.
o  Hemat Tempat, dapat ditempelkan di belakang LCD / ditempatkan disamping Monitor.
o  Mudah mengontrol penyimpanan data di semua PC Client, karena semua penyimpanan data Client terletak di satu Harddisk.
o  Kerusakan Hardware / Software akibat Power Loss / gangguan listrik dapat di minimalisir, karena PC Client lebih tahan terhadap kerusakan akibat gangguan listrik.
o Client tidak dapat melakukan proses Instalasi Program, sehingga dapat menghindari Program-program yang tidak berguna terinstal di PC Client.
o  Tidak Mudah Terinfeksi Virus, karena virus tidak dapat mengakses System.Sangat Ringan dan mudah di pindah-pindah. 



Kekurangan Thin Client 
o  Tidak Mendukung Game 3 Dimensi / Game Online Lainnya / Aplikasi yang butuh Grafis tinggi. 
o  Butuh PC Server dengan spek yang tinggi. Makin banyak PC Client yang terhubung, maka makin tinggi spek yang dibutuhkan oleh PC Server
o  Jika terjadi kerusakan pada PC Server, maka semua PC Client tidak dapat berfungsi.

Penutup

  • Teknologi thin client merupakan salah satu solusi dalam penghematan biaya jaringan komputer
  • Teknologi thin client sangat bermanfaat digunakan untuk laboratoium komputer di sekolah-sekolah maupun perguruan tinggi.
  • Walaupun terdapat beberapa kekurangan dalam teknologi thin client, tetapi secara umum manfaatnya lebih banyak dibandingkan kekurangannya.


Referensi:
http://arievaldano.wordpress.com/2011/10/02/mengenal-teknologi-thin-client-network/
Ahmad Fitriansyah, 2013, Networking technology.ppt

http://thinlan.tripod.com/Proposal.pdf
 
 

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. PT.Microreksa Infonet
    IT Solution, IT Provider, Services Provider
    Pusat Niaga Roxy Mas Block E-1 No.2


    Perkenalkan perusahaan kami PT.Micreoreksa Infonet yang bergerak di bidang IT Solution, Products, Provider.
    Sebagai pendukung kerja yang professional dan bertanggungjawab pada pelanggan, kami memiliki Team Kerja yang berpengalaman dan siap membantu anda kapan pun dibutuhkan.

    Pelayanan kami
    1. Menyediakan product Software dan Hardware IT
    2. Infrastruktur Network
    3. Intergrasi Software
    4. Melayani Lisensi Software
    5. Melayani Modifikasi dan Pengembangan Software
    6. Outsourcing Service
    7. Maintaince Service
    8. Melayani pengaturan printer di network

    Demikian perkenalan dari kami, besar garapan kami agar dapat menjalin hubungan kerja sama dengan anda.

    Jika ada permintaan beruhubungan dengan IT bisa diinfo ke saya
    Michael
    08995285160
    michael@microreksa.com

    Atas perhatian dan kerjasamanya terima kasih

    BalasHapus
  3. Pak apakah thin client support / bisa menggunakan kyboard mouse wireless ?

    BalasHapus